Sabtu, 28 Agustus 2010

MANFAAT BUAH KIWI

Bentuknya yang lonjong dengan warna coklat dan tekstur berbulu membuat buah kiwi kalah menarik dengan buah lain seperti apel maupun jeruk. Tetapi jangan remehkan soal kandungan buah kiwi. Jutaan manfaat buah berasa asam manis ini antara lain sebagai sumber vitamin, mineral hingga sumber energi.

Peneliti dari Health Science Zespri Internasional dari New Zealand, Lynley Drummond mengatakan buah kiwi sarat gizi. Bermanfaat sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi. Menurutnya, kiwi kaya dengan serat phytonutrients, serat yang akan menghasilkan polyphenols sebagai antioksidan bagi tubuh, enzim untuk pencernaan dan karotenoids yang bermanfaat sebagai antioksidan dan kesehatan mata.Studi yang dilakukan membuktikan, buah kiwi menyediakan gizi paling banyak dengan kalori paling sedikit jika dibandingkan dengan jeruk, pisang dan apel."Buah kiwi merupakan salah satu pilihan untuk orang-orang yang sedang berdiet," kata Lunley

Hal senada diungkap Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Inge Permadhi MS, SpGK. Dia mengatakan, buah-buahan termasuk kiwi merupakan sumber air dan elektrolit, energi, vitamin dan antioksidan.

"Sekitar 70% tubuh manusia mengandung air. Jika tiba-tiba diare, maka bagian tubuh yang berisiko adalah gagal ginjal. Terutama pada orang lanjut usia, juga saat mengalami muntah," tuturnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh produsen kiwi Zespri juga mengungkap, manfaat kiwi sebagai sumber asam folat yang baik. Sebagaimana diketahui, asam folat sangat diperlukan untuk wanita yang hamil atau tengah mempersiapkan kehamilan, untuk mencegah cacat lahir pada otak atau syarat tulang belakang.

(Disarikan dari berbagai sumber)
Foto : asia.cnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar