Kamis, 30 September 2010

Ayo, tambah konsumsi buah dan sayur!


Jakarta - Sayur dan buah memiliki peranan yang cukup penting menjaga metabolisme tubuh manusia. Tapi apakah Anda sudah mencukupi kebutuhan sayur dan buah setiap harinya? Ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan nutrisi dari buah dan sayur. Temukan jawabannya di sini!

Kalau ada yang bertanya apakah jumlah sayur dan buah yang dikonsumsi setiap hari sudah cukup, pasti banyak yang menjawab 'sudah'. Padahal sayuran ataupun buah yang dimakan belum tentu memenuhi jumlah yang seharusnya dikonsumsi setiap hari. Sayur dan buah paling baik dikonsumsi adalah jenis yang organik.

Selain meminimalisir pestisida yang mungkin terbawa dalam sayur dan buah, produk-produk organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Sebagai contoh tomat organik memiliki phytochemical 30% lebih banyak dibandingkan tomat biasa. Namun sayangnya, harga buah dan sayur organik cenderung lebih mahal. Anda bisa menyiasati mencari kebutuhan nutrisi pada buah dan sayur dengan cara, sebagai berikut:

1. Pilih Buah dan Sayur dengan Warna yang Mencolok
Sayur dan buah yang memiliki warna-warna mencolok biasanya mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu contohnya adalah lettuce merah, bayam merah, wortel dengan warna yang lebih gelap biasanya memiliki phytocemical yang lebih tinggi.

2. Ukuran Bukan Tolak Ukur
Kalau memilih membeli buah seperti jeruk atau tomat, tanpa sadar kita selalu memilih yang besar. Padahal belum tentu buah yang besar memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Sedangkan ukuran yang lebih kecil memungkinkan sekali kalau kandungan konsentrat vitaminnya jauh lebih besar.

3. Kurangi Memasak Sayur dan Buah
Beberapa jenis buah dan sayur akan kehilangan nutrisi ketika sudah diolah. Salah satu contohnya adalah brokoli dan juga wortel, kedua jenis sayur tersebut lebih baik dikukus.

4. Simpan Buah dan Sayur Tidak Lebih dari Seminggu
Buah dan Sayuran memang bisa awet jika di simpan dalam lemari es. Tapi sayangnya nutrisi nya pun akan berkurang setiap harinya. Pastikan selalu sayuran dan buah yang Anda konsumsi dalam keadaan segar, jika Anda membeli dalam jumlah besar pastikan sayur dan buah tersebut tidak disimpan lebih dari satu minggu di dalam lemari es agar nutrisinya masih bisa diambil.

5. Kurangi Pengupasan
Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi dengan kulitnya sekaligus. Ada baiknya tidak mengupas kulitnya karena akan mengurangi nutrisi buah dan sayuran.

6. Kombinasikan Sayur dalam Memasak
Kadang kita terlalu terpaku dengan satu jenis sayur saja dalam memasak. Cobalah mencampurkan beberapa jenis sayur dalam satu menu masakan. Selain tidak bosan, nutrisi yang didapat juga lebih banyak.

7. Beli Langsung kepada Petani
Membeli sayuran dan buah langsung kepada petaninya akan jauh lebih aman. Karena sayur dan buah tersebut pastinya sudah dalam kondisi siap panen. Dan kondisinya tentu saja masih dalam keadaan segar.

Sumber :  Eka Septia Wulan - detikFood



Tidak ada komentar:

Posting Komentar