Senin, 06 September 2010

TIPS CEGAH MIMISAN


1. Jangan mengorek-korek hidung.
Terutama pada anak-anak, ketika hidungnya terasa gatal ia akan langsung memasukan jarinya ke dalam hidung. Untuk menghindari terjadinya infeksi, biasakan sejak anak-anak membasuh bersih kedua tangan. Ajari anak untuk menggunakan tisu maupun saputangan saat membersihkan kotoran hidung.


2. Tidak berada di suhu yang ekstrem.
Usahakan agar tidak sering berada di ruangan ber-AC dengan tingkat kedinginan yang tinggi Untuk Indonesia, suhu 23-260C relatif cukup. . Ruangan yang terllau dingin akan membuat udara menjadi kering. Lebih baik menggunakan AC dengan bijaksana. Dan gunakan pelindung saat berada di tempat sangat panas.


3. Hindari stres.
Atau kegiatan berlebih yang dapat memicu terjadinya erosi atau iritasi pembuluh darah di hidung.


4. Konsumsi makanan sehat.
Biasakan makan makanan sehat yang memenuhi gizi, terutama sayur dan buah-buahan.


5. Jangen sembarang mengonsumsi herbal.
Menurut Chospiadi, terdapat banyak kasus pasien yang mengonsumsi herbal-herbal tak terdaftar justru mengalami gangguan pembekuan darah dan gangguan pembentukan darah. Herbal-herbal tak terdaftar ini dapat membuat trombosit menjadi rendah.

6. Hindari anak dari paparan asap rokok.
Selain dapat mengiritasi saluran pernapasan, rokok juga bisa mengeringkan saluran hidung. Ini jelas akan membuat anak mudah mengalami mimisan.



7. Periksakan ke dokter.
 Jika terjadi mimisan berulang, disarankan untuk dievaluasikan ke dokter THT. Setelah berkonsultasi dengan dokter THT dan tahu hasilnya, rujuk juga ke dokter hematolog (ahli darah) agar mendapatkan pendekatan berdasarkan kondisi yang ditemukan. 

Sumber :

nostalgia.tabloidnova.com
mamayuris.blogspot.com
Foto : ruangkeluarga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar