Sabtu, 06 November 2010

Kacamata Murahan Bahayakan Mata


BAGI Anda pemakai kacamata, khususnya kacamata baca, tentunya pernah sesekali berburu barbagai model kacamata, mulai dari di optik besar mal hingga di pasar-pasar. Dan, memang terkadang model kacamata yang dijual di pasar-pasar tak kalah bagus dengan yang dijual di optik-optik besar, terlebih harganya pun jauh lebih murah. Namun, berhati-hatilah ternyata tanpa disadari dalam jangka panjang, ternyata kacamata baca murah bisa membahayakan kesehatan mata.

Pada usia 50 tahun, orang dengan mata normal biasanya mulai mengalami kesulitan untuk membaca buku atau koran tanpa bantuan kacamata baca. Maka itu, tak mengherankan bila penjualan kacamata baca dengan harga murah di toko dan kios di pasar atau supermarket dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut sejak 10 tahun lalu.

Ketimbang membeli kacamata dengan biaya lebih dari Rp1 juta di optik besar yang kemungkinan akhirnya juga akan hilang atau patah, banyak orang memang lebih memilih membeli beberapa kacamata baca yang murah sehingga bila hilang, sudah ada gantinya.

Beberapa peneliti menganalisis 14 pasang kacamata yang dijual di pinggir jalan di London. Mereka menemukan bahwa sebagian besarnya ternyata memiliki ukuran lensa yang terbilang tinggi yakni plus 3,5-4.

"Bila ukuran lensa terlalu tinggi atau tak sesuai dapat menyebabkan mata menjadi tegang, pandangan menjadi kabur, sakit kepala, dan penglihatan ganda," kata salah satu peneliti seperti dikutip oleh The Daily Mail. "Bila tidak cocok, memakai kacamata tak sesuai dengan ukuran sangat berbahaya bila dipakai untuk berjalan, megemudi, atau melakukan aktivitas bergerak lainnya. Bahkan bisa terjadi kecelakaan," tambahnya.

Namun, masalah terbesar adalah penglihatan satu mata jelas, tapi yang satunya malah kabur. "Hal ini dapat menyebabkan masalah pada mata bahkan posisi kepala menjadi miring," kata peneliti.

Untuk itu, para ahli mata menyarankan untuk memeriksakan mata terlebih dahulu sebelum membeli kacamata. Hal itu supaya ukuran lensa sesuai dengan yang dibutuhkan mata. Selain itu, dengan ,memeriksakan mata kita juga bisa mengetahui masalah lainnya pada mata kita seperti adanya gejala katarak atau tumor otak.

Sumber: MediaIndonesia.com - Penulis : prita daneswari
Foto : glassesdirect.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar