Senin, 29 November 2010

Kenali Penyebab Hasrat Seksual Wanita Menurun

Jakarta - Ada beberapa faktor yang mempengaruhi menurunnya gairah seksual pada wanita. Menurut WebMD, berikut ini hal-hal yang dapat menurunnya gairah seks Anda.

Stres
Stres akut karena masalah keuangan dan pekerjaan dapat menurunkan libido. Jaga tingkat stres Anda, belajarlah manajemen stres atau mencari nasihat dari seorang konselor atau dokter agar terhindar dari stres.

Masalah rumah tangga
Memiliki masalah rumah tangga dapat mempengaruhi kehidupan seks. Bagi wanita, kedekatan emosional merupakan kunci dalam hubungan suami istri.

Kurang tidur
Jika hasrat seksual berkurang, bisa disebabkan karena waktu istirahat yang kurang. Kurang tidur, bangun terlalu dini, tidur terlalu malam, insomnia atau gangguan tidur bisa mempengaruhi hasrat seksual.

Bayi
Memiliki bayi terkadang sulit untuk mendapatkan waktu intim bersama suami. Salah satu solusinya adalah Anda tidak harus merawatnya sendiri, Anda perlu bantuan dari orang terdekat atau baby sitter untuk bisa menjaga si kecil.

Obat
Beberapa obat dapat menurunkan libido, antara lain adalah antidepresan, obat tekanan darah, kemoterapi dan kontrasepsi oral.

Tidak merasa seksi
Sulit untuk merasa seksi membuat Anda tidak bergairah. Sebagai contoh, merasa malu karena gemuk.

Kegemukan
Gemuk atau obesitas dapat megurangi kenikmatan seksual secara umum. Obesitas menurunkan performa seksual Anda.
Testosteron
Testosteron adalah hormon utama untuk mendorong seksual. Testosteron terkait dengan dorongan seksual pada wanita juga. Namun keseimbangan hormon wanita lebih kompleks daripada pria.

Depresi
Depresi biasanya dilawan dengan obat-obatan. Namun, banyak antidepresan dapat menurunkan gairah seks Anda. Hal ini mungkin saling terkait, Anda depresi dan  minum obat anti depresan, sehingga hasrat seksual semakin menurun. Kondisi ini cukup serius, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada ahlinya.

Menopause
Satu dari dua wanita melaporkan, setelah menopouse, hasrat seksual menurun. Gejala menopause, seperti kekeringan vagina dan nyeri saat berhubungan seks. Hal tersebut bisa membuat seks kurang nyaman.

Kurang Intim
Kurangnya keintiman dapat mempengaruhi kehidupan seks. Jadi, bangkitkan hubungan rumah tangga yang lebih harmonis untuk mendapatkan  hubungan seks yang lebih baik.

Sumber : Kiki Oktaviani - wolipop.Detik.com

 Foto : Dok. Thinkstock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar