Jumat, 31 Desember 2010

Eits... Cuci Tangan Dulu, Sebelum Pegang Bayi

Bayi yang baru dilahirkan biasanya belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Orangtua atau tamu yang berkunjung sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bayi.

Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit. Hal ini juga berlaku untuk melindungi bayi yang baru lahir, karena bayi yang baru lahir termasuk ke dalam kelompok yang paling berisiko terinfeksi.

Peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa risiko kematian diantara kelompok bayi yang lahir di pedesaan Nepal berkurang sebanyak 44 persen setelah bidan atau orang yang membantu melahirkan mencuci tangannya sebelum proses persalinan, serta ibu yang mencuci tangan sebelum memegang bayinya.

Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum orangtua memberikan makan pada bayinya, sesudah mengganti popok serta setelah menggunakan kamar mandi. Hal ini juga berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang lain termasuk anak-anak yang lebih tua atau kakek neneknya.

Dikutip dari Babycenter, Senin (18/10/2010) sebaiknya orangtua bertindak tegas terhadap tamu yang berkunjung untuk memintanya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bayi.

Namun hal ini tidaklah mudah, beberapa tamu kadang berpikir tidak perlu melakukannya karena ia tidak sedang sakit. Padahal kuman tetap bisa menyebar meskipun orang tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Bayi yang berusia di bawah enam bulan memerlukan waktu yang lebih lama untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga bisa membuatnya terhindar dari penyakit.

Karena itu tak ada salahnya meminta orang-orang yang menunjukkan gejala pilek, batuk, bersin atau demam untuk tidak berada terlalu dekat dengan bayi dan mencuci tangannya lebih sering.

Selain itu usahakan untuk menghindari keramaian atau kerumunan orang banyak jika ingin membawa si kecil berjalan-jalan, karena akan meningkatkan risiko bayi terkena infeksi.

Sumber : Vera Farah Bararah - detikHealth
(Foto: thinkstock)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar