Sabtu, 06 November 2010

Wangi Segar Anggur dari Oriflame


Aroma buah memang bukan hal baru untuk digunakan sebagai aroma utama parfum. Buah-buahan yang paling sering digunakan antara lain jeruk, apel, dan sebagainya. Oriflame mencoba sesuatu yang berbeda, mereka menggunakan blackcurrant, kalau di Indonesia, buah ini dikenal sebagai buah anggur hitam.

Aroma blackcurrant yang elegan dipadukan dengan wangi jeruk mandarin pada parfum terbaru Oriflame, Amber Elixir eau de Parfum. Kedua buah itu menjadi aroma pembuka (top note). Kesannya segar dan manis. Di bagian tengah (middle note), parfum ini diperkaya dengan aroma heliotrope dan sweet almond. Di akhirannya, aroma hangat dan kental muncul dari sandalwood dan aroma amber yang memberi kesan elegan.

Dengan botol bening kecil dan berwarna kecoklatan dan plat keemasan di bagian atas memberi kesan mewah, parfum ini ditawarkan dengan harga Rp 349.000 (50ml), namun hingga 11 November, ditawarkan dengan harga Rp 249.000.
Sumber : Kompas.com
Foto : Amber Elixir Eau de Parfum dari Oriflame.


Yang Perlu Diketahui Seputar Memilih Parfum
Pemilihan parfum termasuk hal yang menyangkut selera. Cocok di diri seseorang, tak berarti akan pas di kita juga. Pemilihan parfum pun tak mudah. Berikut yang perlu Anda ketahui seputar pemilihan parfum.

* Pakai kertas tester atau di kulit langsung?

Jika memang ada banyak yang ingin Anda tes, kertas tester bisa digunakan. Pastikan cairan parfum tidak ada yang menempel di ujung hidung karena akan mengganggu aroma parfum lain yang ingin dicoba. Jangan pula menghirupnya dalam-dalam. Datangi kertas tersebut sambil membungkuk, hirup sekilas, lalu jauhi. Ulangi beberapa kali. Tunggulah beberapa saat sebelum menghirup aroma lain. Ada yang akan menawarkan untuk menghirup aroma biji kopi untuk menghilangkan aroma parfum yang pertama. Namun, jika Anda menghirupnya, maka bisa-bisa sistem penciuman Anda lelah. Jika sudah merasa cocok dengan 1 aroma, baru tes ke tangan Anda. Tunggu beberapa saat. Anda akan melihat bagaimana aroma tersebut menemani sisa hari Anda. Apakah aromanya berubah atau tidak apakah memengaruhi mood Anda.

* Apa arti "top", "middle", dan "bottom notes"?
Di majalah-majalah atau si penjaga gerai parfum akan menjelaskan mengenai top, middle, dan bottom notes dari parfum baru. Apa sih artinya? Sebenarnya, hal-hal tersebut adalah berat molekular. Bayangkan sebuah kotak besar berisi banyak balon gas. Ketika Anda buka, akan ada balon-balon yang keluar paling dulu, di tengah, dan di bawah. Balon-balon yang pertama keluar adalah top notes, biasanya yang wanginya paling ringan, seperti sitrus, aroma bedak, atau floral. Wangi tersebut tak akan lama. Lalu, datanglah aroma middle notes, yang berat molekulnya menengah, misal bebungaan yang lebih berat. Yang terakhir adalah base notes, yang paling berat aromanya, biasanya yang beraroma asap dan kulit.

* Bedanya "eau de toilette" dan parfum?
Perbedaannya adalah pada konsentrasi pewangi mentahan itu di dalam larutan alkohol. Kadang itu disebut "konsentrat" atau "minyak". Peraturannya, parfum memiliki konsentrat 20 persen dan eau de toilette memiliki konsentrat sebanyak 10 persen. Biasanya parfum memiliki harga yang lebih mahal.

* Mengapa parfum harganya bisa mahal?
Untuk menciptakan aroma, akan ada banyak sekali ragam dan upaya mencoba mencampurkan berbagai aroma, dan tak jarang pula aroma dari tumbuhan yang jarang ada. Misal, bunga yang jarang, akar tumbuhan, resin, dan lainnya. Sulit untuk menciptakan molekul sintetis untuk mengganti barang-barang tadi. Selain itu, harganya juga bisa jadi sangat mahal karena iklannya yang jor-joran.

Sumber : Kompas.com (Oprah)
Foto : Sutther Stock

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Parfum aroma buah.

    ----------

    BalasHapus